Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Siklon Tropis Cempaka 2017

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Siklon adalah angin ribut yang berpusar dan bergerak dengan cepat mengelilingi suatu pusat contohnya angin puting beliung atau juga bagian atmosfer yang tekanannya relatif rendah jika dibandingkan dengan tekanan di sekitarnya pada permukaan yang sama; pusat tekanan rendah.

Lintasan Siklon Tropis Cempaka, Sumber BMKG

Lintasan Siklon Tropis Cempaka, Sumber BMKG

Siklon Tropis Cempaka adalah sebuah Siklon yang dinamai oleh Pusat Peringatan Dini Siklon Tropis BMKG (Tropical Center Warning Center/TCWC) tepat pada hari Senin, 27 November 2017 pukul 19.00 WIB. Siklon tersebut terjadi di wilayah perairan sebelah selatan Jawa Tengah dengan dampak sebagai berikut :

  1. Potensi Hujan Lebat di Wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Yogyakarta, dan Jawa Timur.

  2. Potensi Angin Kencang hingga 30 knot di Wilayah Kep. Mentawai, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Lampung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY Yogyakarta, Laut Jawa, Selat Sunda bagian Utara, Perairan Utara Jawa Timur hingga Kep. Kangean, Laut Sumbawa, Selat Bali hingga Selat Alas, Selat Lombok bagian Selatan dan Perairan Selatan Bali hingga Pulau Sumba.

  3. Potensi gelombang Tinggi 2.5 – 6 meter di Perairan Selatan Jawa Timur, Laut Jawa Bagian Timur, Selat Sunda bagian Selatan, Perairan Selatan Banten hingga Jawa Barat, Samudera Hindia Barat Bengkulu hingga Selatan Jawa Tengah.

  4. Ganguan penerbangan dibeberapa bandara di Pulau Jawa

  5. Ganguan aktivitas pelayaran dan penangkapan ikan di perairan selatan jawa

  6. dampak lainnya adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang pohon tumbang dan jalan licin

Diperkirakan Siklon Tropis Cempaka masih akan bertahan dalam dua hingga tiga hari kedepan. Masyarakat dihimbau agar waspada dan berhati-hati terhadap dampak yang dapat ditimbulkan.

berdasarkan Pantauan BPBD DIY melalui akun Media sosial, dengan akun https://twitter.com/Pusdalops_diy didapatkan beberapa data rilis antara lain :

Sumber : BMKG BPBD DIY

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: