Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Panduan Peliputan Disabilitas di Indonesia

Di Indonesia, setelah ratifikasi Konvensi PBB tentang Hak – Hak Penyandang Disabilitas (UNCRPD) pada bulan November 2011, lebih banyak perhatian telah diberikan dalam mempromosikan hak – hak penyandang disabilitas oleh pemerintah, organisasi internasional dan organisasi penyandang disabilitas, melalui berbagai tindakan seperti kegiatan peningkatan kesadaran, revisi undang – undang dan peraturan yang ada terkait hak – hak penyandang disabilitas untuk memastikan peningkatan partisipasi penyandang disabilitas dalam bidang politik, sosial dan ekonomi.

Menjawab tantangan ini, sejak tahun 2013, ILO telah bekerja sama dengan organisasi media dalam mengembangkan panduan media dalam peliputan penyandang disabilitas di Indonesia. Disadari bahwa media memainkan peran penting dalam mempengaruhi pandangan dan sikap publik terhadap isu disabilitas. Persepsi yang diciptakan oleh media memberikan gambaran bagaimana penyandang disabilitas diperlakukan di tengah masyarakat.

Tujuan dari Panduan ini adalah meningkatkan pemahaman dan kesadaran tentang isu dan permasalahan disabilitas di kalangan awak media profesional. Pemberitaan dan peliputan yang baik akan membantu meningkatkan kesadaran masyarakat tentang hak-hak penyandang disabilitas; memberi gambaran yang lebih akurat dan mendalam; meningkatkan penghormatan bagi penyandang disabilitas sebagai warga negara yang produktif dan sekaligus mempromosikan masyarakat Indonesia yang lebih inklusif and toleran.

Sumber : Publikasi ILO

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: