Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Musrembangdes

Musrembangdes Nglanggeran

Musrembangdes Nglanggeran

Musrenbangdes adalah Musyawarah bersama antara Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Pemerintah Desa, Lembaga Desa, dan perwakilan Tokoh Masyarakat, untuk merencanakan program kegiatan atau rencana penggunaan anggaran desa. Musren di tahun 2016 ini untuk merencanakan program dan memperioritaskan/meranking program untuk Tahun 2017.

Rabu 13/10/2016 pukul 09.00 WIB, Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Nglanggeran melaksanakan agenda rutin tahunan Musrenbangdes di Aula Balai Desa Nglanggeran. Kasi PMD dan Kasi Kesos Kecamatan Patuk hadir sekaligus mewakili Camat Patuk, menyampaiakan bahwa musren yang dilakukan oleh Desa Nglanggeran adalah yang Perdana di wilayah kecamatan Patuk, dan mudah-mudahan menjadi awal yang baik untuk dapat segera menyerap Dana Desa yang sudah disiapkan Pemerintah Pusat maupun Pemda.

Sebelum acara inti musrenbangdes, Kepala Desa Nglanggeran Bapak Senen membentuk dan menetapkan TKPKDes, dengan susunan; Penanggung Jawab: Kepala Desa, Ketua Surimin SPd, Sekretaris Anwarohman, Koordinator Pokja I Budi Subaryadi dengan anggota Rina Sulistyawati, Suharno, Wahyu Setiyawan, Sadi, dan Wirat. Koordinator Pokja II Purwaningsih dengan anggota Triyanta dan Lastri Wahyuni. Koordinator Pokja II Supratmiyati anggota Paima dan Rusmiyati.

Sedangkan untuk Kelompok Program Sosial koordinatornya Ponijo anggota Lilik Suharyantodan Suranto, Kelompok Program Lingkungan koordinator Sugita anggota Sajiman dan Supriyono, dan Kelompok Program Ekonomi koordinatornya Ahmad Nasrodin anggota Hadi Purwanto, Sudiyono dan Sukiran.

Dalam acara inti Musrenbangdes ada beberapa kegiatan yang menbjadi Prioritas untuk tahun 2017 diantaranya;

* Fisik dan Prasarana; 1.Pembangunan Drainase dan Cor Rabat dilokasi Wilayah RT 02 padukuhan Karangsari menuju RT. 07 Padukuhan Doga, dan 2. Perkerasan dan Drainase Jalan lingkungan di wilayah RT.18 Padukuhan Nglanggeran Wetan.

** Pemerintahan Sosial Budaya; 1. Pelestarian adat Kirab Budaya yang diadakan tiap tahun, 2. Pengadaan Pakaian Adat Jawa.

*** Ekonomi; 1. SL Perikanan ( Budidaya, Pengolahan dan Pemasaran ), 2. Pelatihan Menjahit

Selain kegiatan yang telah disepakati menjadi prioritas, masih banyak usulan kegiatan, dari perwakilan masing-masing Padukuhan.

“Masyarakat tidak usah khawatir dengan banyaknya usulan kegiatan, karena Program yang menjadi prioritas, diharapkan dapat tercapai dengan Dana Desa, sedangkan program/kegiatan yang lainnya akan diakses dari SKPD terkaid maupun CSR. selain itu masyarakat tetap bisa dan selalu membantu Pemerintah Desa dalam Pelaksanaan maupun pengawasan pelaksanaan kegiatan” ungkap Kades Nglanggeran.

Dengan mematangkan rencana dan dukungan masyarakat, semoga Program kegiatan Desa Nglanggeran dapat terealisasi sesuai rencana dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat secar langsung maupun tidak langsung.

Sumber : BPD dan Pemerintah Desa Nglanggeran.

Sumber Berita : Portal Desa Nglanggeran

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: