Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

MTS “Maraqitta’limat” Lenggorong Menerapkan Pendidikan Inklusif

Desa Sambik Elen-Sekolah inklusif merupakan perkembangan baru dari pendidikan terpadu. Pada sekolah inklusif setiap anak sesuai dengan kebutuhan khususnya, semua diusahakan dapat dilayani secara optimal dengan melakukan berbagai modifikasi dan atau penyesuaian, mulai dari kurikulum, sarana dan prasarana, tenaga pendidikan dan kependidikan, sistem pembelajaran sampai pada sistem penilaiannya. Sekolah penyelenggara pendidikan inklusif adalah sekolah yang menampung semua murid di kelas yang sama. Sekolah ini menyediakan program pendidikan yang layak, menantang, tetapi disesuaikan dengan kemampuan dan kebutuhan setiap murid maupun bantuan dan dukungan yang dapat diberikan oleh para guru, agar anak-anak berhasil (Stainback, 1980).

MTS “Maraqitta’limat” Lenggorong, Desa Sambik Elen dinobatkan sebagai sekolah yang layak menerapkan pendidikan inklusif, meski baru-baru dinobatkan, Kepala sekolah MTS “Maraqitta’limat” Dusun Lenggorong Desa Sambik Elen menyampaikan kepada Operator Desa bahwa beliau dengan pihak-pihak di sekolahnya merencanakan akan mengadakan sosialisasi terkait pendidikan inklusif ini kepada Warga dan instansi yang ada di Desa Sambik Elen. “Kami tengah mempersiapkan untuk acara sosialisasi yang Kami rencanakan akan berlangsung pada hari Kamis 17 Maret 2016 esok, dimana dalam acara ini nanti akan hadir Pejabat penting dari Provinsi dan juga dari Kabupaten Lombok Utara sendiri, acara sosialisasi ini akan berlangsung di Madrasah Kami”, pungkasnya.

Keberadaan Sekolah yang menerapkan Pendidikan Inklusif akan mempermudah penyampaian materi pendidikan yang disampaikan oleh Guru kepada Siswanya, karena dengan metode pembelajaran inklusif Pihak sekolah akan memilih dan menentukan kelas-kelas tertentu dari Siswa itu sendiri, misalnya Siswa yang memilki kekurangan-kekurangan tertentu akan diberikan cara didik khusus dengan Siswa yang lainnya, sehingga Tujuan pembelajaran mampu diserap baik oleh Peserta didik.

Sumber : Portal Desa Sambik Elen

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: