Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Mitigasi Bencana Ala Gegama

Citra Satelit letusan Gunungapi Merapi 2010 - Digital Globe - 2010

Citra Satelit letusan Gunungapi Merapi 2010 – Digital Globe – 2010

Peningkatan status Gunungapi Merapi terpantau pada 20 September 2010 dari normal menjadi Waspada (level II). 21 Oktober 2010 menjadi Siaga (level III). 25 Oktober menjadi Awas (level IV), radius aman ditetapkan diluar 10 KM dari Puncak Merapi. 26 Oktober 2010 sore hari terjadi letusan pertama yang bersifat eksplosif disertai Awan Panas dan dentuman.

26 Oktober 2010 ditetapkan sebagai Tanggap Darurat Bencana Merapi, kondisi ini mengubah sekretariat GEGAMA menjadi Posko Bencana. Suara Radio komunikasi memenuhi ruangan. Beberapa orang lainnya terlihat sibuk dengan perangkat komputer baik PC maupun Laptop, mereka memantau kondisi Merapi melalui beberapa kanal yang terhubung dengan Merapi, seperti Kamera CCTV, Seismograp dan lain-lain.

Mount Merapi, Indonesia-November 11, 2010: This is a satellite image showing the erupton and lava flow of Mount Merapi, Indonesia. (credit: DigitalGlobe)

Mount Merapi, Indonesia-November 11, 2010: This is a satellite image showing the erupton and lava flow of Mount Merapi, Indonesia. (credit: DigitalGlobe)

Saat itu diadakan rapat dan briefing operasi bagaimana GEGAMA merespon Bencana Merapi. Gegama membentuk Dynamic Merapi Disaster Information System” Sesuai dengan ekspertise. Tim ini Melakukan Pemetaan Kebutuhan dan Lokasi Pengungsi, membangun WEBGIS sebagai sarana pemantauan dan pertukaran informasi dan seminimal mungkin melakukan penyaluran bantuan langsung ke lapangan.

Sikap Kritis ini terbangun untuk mengisi bagian kosong dalam mitigasi bencana, karena tidak ada yang melakukan pembuatan Peta kondisi aktual dan menyebarluaskannya berbasis internet. Pada sisi lain GEGAMA juga menyambut respon dari keluarga besar Geografi UGM untuk membantu penyaluran bantuan langsung.

Meminimalisir penyaluran bantuan langsung merupakan pilihan utama, mengingat banyaknya relawan dengan segala atributnya yang langsung menyalurkan bantuan dan akan membuat kurang kondusifnya pemulihan keadaan.

GEGAMA berkoordinasi langsung dengan para pihak untuk mendapatkan peta, citra dan foto udara terbaru kawasan Merapi dengan pihak Fakultas Geografi UGM, Bakosurtanal (sekarang BIG) dan Alumni. Data tersebut digabungkan dengan hasil pendataan lapangan sebagai bahan pembuatan berbasis WEBGIS.

Tim terbagi menjadi bebarapa bagian yaitu : Divisi Surveyor, Divisi Olah Data, Divisi GIS, Divisi Basis Data dan Publikasi, Divisi Transportasi, Divisi Logistik dan Divisi Relawan. Pada bagian   administrasi lainnya tetap ada Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Humas.

__A1_PetaDesaRadius30Km111

41 29 21 58

Catatan atau berkas kala itu di : https://sites.google.com/site/informasibencanamerapi2010/file-cabinet

PetaSebaran_posko_75K_211 1557152_10151905864466363_1754870259_o

Sumber : Website Gegama

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: