Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Gubernur Jateng Meninjau SID Desa Madukara

(Madukara)-Pukul 16.00 wib, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di Balai Desa Madukara dalam rangka meninjau sistem informasi desa. Dalam kunjungan tersebut, Kepala Desa Madukara (Purwono) dan Sekretaris Desa Madukara (Wijaya Adi Nugraha) mempresentasikan tentang pemanfaatan website Desa Madukara dalam pelayanan kepada masyarakat. Manfaat tersebut antara lain dapat mempercepat layanan kepada masyarakat dalam hal surat menyurat, penyampaian informasi/kegiatan yang diadakan di Desa Madukara, komunikasi dua arah antara Pemerintah Desa Madukara dan warga masyarakat, update data penduduk, update informasi data kepemilikan tanah di Desa Madukara, data warga miskin, laporan penggunaan dana dan lain-lain.

“Data kami lengkap. Jumlah warga miskin ada. APBDes juga diumumkan. Jadi, setiap warga bisa mengetahui dan mengawasi kami,” ujar Kepala Desa Madukara, Purwono, saat presentasi di depan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar Pranowo mengapresiasi langkah desa membuat inovasi berupa website. Hal tersebut dianggap sebagai langkah maju, tinggal dikembangkan beberapa tampilan agar lebih menarik, dan menyebar lebih luas.

“Keren. Tinggal kontennya disosialisasikan di masyarakat. Nanti dilengkapi tempat pengaduan berbasis web, dan sms,” kata Ganjar Pranowo.

Namun demikian, pihak desa diminta untuk tetap menempel papan informasi di desa, lantaran tidak semua warga yang bisa mengakses internet. Informasi secara cetak juga penting untuk disampaikan.

“Papan desa sekalian dilengkapi alamat websitenya agar warga yang tidak bisa membuka website juga bisa mengetahui informasi-informasi yang ada di desa. Tapi di atas semua itu, saya ingin pelayanan desa itu tiga, cepat, mudah dan murah,” ujarnya.

Di sela-sela acara, Kepala Desa Pekauman (Jatmiko) menyampaikan kepada Gubernur bahwa dengan adanya website di Desa Madukara telah membuat desa-desa lain juga ikut semangat untuk membuat website desa yang terintegrasi dengan Sistim Informasi Desa agar dapat mewujudkan tata kelola pemerintahan yang transparan kepada masyarakat juga.

 Sumber : Portal Desa Madukara

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: