Generasi Perekam di sambak

Warga Desa Sambak dan sekitarnya berkumpul di SDN Sambak Kajoran Magelang untuk menghadiri Acara Forum Desa Nusantara dan Tasyakuran Kelahiran Undang Undang Desa 2014 yang di gelar di desanya. Acara ini diselenggarakan pada tanggal 8 – 9 Februari 2014.

kegiatan yang berisi pentas seni dan talkshow, mampu menyedot animo masyarakat untuk berapreasiasi dalam mengabadikan jalannya acara. Hal ini terjadi karena kemajuan teknologi perekaman gambar diam dan gambar bergerak. Selain harga yang relatif terjangkau dan kemudahan pengoperasiannya, ternyata faktor trend atau eksis juga melekat dalam masyarakat.

Tanpa terpengaruh oleh usia, mereka pun cukup antusias dalam melakukan perekamam peristiwa. Momen demi momen yang bisa diabadikan, sehingga hal ini bisa menjadi bekal informasi dan pengetahuan bagi siapapun yag membutuhkan data.

Kemajuan teknologipun tidak hanya terhenti pda perekaman gambar diam atau gambar bergerak, tetapi mampu menembus batas virtual. Sebagai contohya media center melakukan pengindeksan melalui jejaring sosial untuk bisa mendapatkan gambar sebagai bahan dokumentasi.

Kegiatan yang dilakukan saat ini sejatinya akibat implikasi Disahkannnya Undang-undang Desa pada 18 Desember 2013 merupakan momentum penting bagi pembangunan Indonesia. UU ini berpotensi membuka peluang besar bagi berkembangnya desa mandiri dan sejahtera. Menunju desa mandiri, sejahtera tentu tidaklah mudah. Pengembangan desa tetap membutuhkan topangan kapasitas pemerintah desa qualified terutama dalam menjalankan tugas-tugasnya sebagai pemerintahan dan pelayan public, membutuhkan juga kesadaran masyarakat desa, organisasi warga yang responsive terhadap jalannya pemerintahan dan layanan public yang diselenggarakan pemerintah desa. Pola interaksi yang aktif antara pemerintah desa dengan warga desa dan organisasi warga inilah yang nantinya akan menjadi kunci berjalannya demokrasi lokal desa.

Sumber : Generasi Perekam

Mungkin Anda juga menyukai

%d blogger menyukai ini: