Welcome to LOGIC   Click to listen highlighted text! Welcome to LOGIC

Desa membangun dengan SID

Desa membangun dengan SID

Desa membangun dengan SID

Jakarta (12/01)- Endah Herwanti, Kepala Desa Girisuko Kecamatan Panggang Kabupaten Gunungkidul Yogyakarta bersama perwakilan dari CRI, SAPPA DIY, Combine dan Forum Desa Pengembang SID hadir dalam workshop “Merumuskan Platform Bersama Sistem Informasi Desa untuk Mendukung Pelaksanaan Undang-Undang Desa” di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta yang diagendakan oleh Kemenko PMK mempresentasikan praktek baik pemanfaatan SID untuk pembangunan desa.

Endah Herwanti dalam kesempatan ini berperan sebagai salah satu narasumber dengan membawakan paparan bertema “Desa Membangun dengan SID”. Dalam kesempatan ini dijelaskan dari awal mula adanya SID di Gunungkidul, kgususnya Desa Girisuko, mulai dari proses AKP hingga pengelolaan Web Desa. Dalam workshop ini, Desa Girisuko menjadi representasi ribuan desa pengembang SID diseluruh Indonesia. Hadir pula narasumber lain yaitu Kepala Desa Bangli Bali dengan SIDeKa-nya dan Bappeda Kebumen dengan SID yang dikelola oleh Bappeda sendiri.

“Kami berharap pendataan kemiskinan yang dilakukan pemerintah dapat disinkronkan deengan pendataan berskala lokal sehingga program bisa lebih tepat sasaran. Untuk pemanfaatan SID sendiri yang saat ini dapat langsung dirasakan adalah cepatnya pelayanan masyarakat di Kantor Desa. kedepannya diharapkan SID dapat dijadikan acuan pengambilan kebijakan desa dan sarana publikasi potensi-potensi desa yang ada sehingga berperan pula dalam hel peningkatan taraf ekonomi masyarakat”, paparnya.

“SID juga merupakan perwujudan transparansi, karena didalam SID berisi segala informasi tentang desa, termasuk informasi keuangan desa dan program-program desa”, imbuhnya.

Workshop ini adalah lanjutan dari workshop sebelumnya beberapa bulan yang lalu dan akan merumuskan nasib desa kedepan melalui Sistem Informasi Desa”, disampaikan oleh I Nyoman Shuida, Deputi Bidang Koordinasi Pemberdayaan Masyarakat, Desa dan Kawasan-Kementrian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan.

Tujuan dari workshop ini, desa seluruh Indonesia akan dikembangkan dengan Sistem Informasi Desa dalam berbagai bidang, baik data base kependudukan dan kemiskinan, keuangan desa, pembangunan desa serta prinsip partisipatif warga dalam menentukan kebijakan pemerintahan baik pusat, daerah sampai ke tingkat desa.

Sumber : Portal Desa Girisuko

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

%d blogger menyukai ini: