Aksi Tanggap Darurat Bencana Alam: Peran dan Fungsi Lembaga-lembaga Terkait

Médecins Sans Frontières (MSF) atau Dokter Lintas Batas secara berkala melakukan kegiatan pelibatan publik untuk meningkatkan kesadartahuan masyarakat terhadap upaya-upaya kemanusiaan MSF dan lembaga atau aktor lainnya yang memiliki fokus yang hampir sama. Untuk di akhir tahun 2018 ini, MSF kemudian menggandeng Lembaga Penanggulangan Bencana Pimpinan Pusat Muhammadiya (LPB PP Muhammadiyah) atau juga biasa disingkat Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Pelibatan publik kali ini bertema Aksi Kemanusiaan dalam Potret di Yogyakarta. Pameran ini ingin menghadirkan foto-foto aksi kemanusiaan MSF dan MDMC, terutama penyediaan layanan kemanusiaan di bidang kesehatan. Koleksi foto-foto yang ditampilkan dari koleksi MSF dan MDMC.

Selain itu, MSF dan MDMC bermaksud untuk bekerja sama dengan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) dalam pelaksanaan pelibatan publik ini. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan adalah pameran selama satu minggu di Kampus UAD, seminar, pemutaran film dan diskusi foto.

Seminar ini akan menghadirkan panelis dari MSF, MDMC, UAD, BPBD dan PMI DIY Yogyakarta. Dalam seminar ini akan dibahas peran-peran lembaga masing-masing dan fungsinya ketika merespons bencana alam bersama-sama. Harapannya diskusi ini bisa memberikan gambaran yang jelas bagaimana mekanisme tanggap darurat kebencanaan di Indonesia dan menjadi lebih baik di masa depan.

Daniel Von Rege

Daniel Von Rege

Daniel Von Rege Head of Mission Indonesia 2018 – 2020

Summary :

lebih dari 1,5 Windu Bersama MSF, Karir di Indonesia bersama MSF mulai awal 2018. sebelumnya beliau memulai karir di MSF sebagai logistician di Chad pada tahun 2005, melakukan misi kemanusiaan pada wilayah bencana dan konflik kemanusian antara lain Chad, Haiti, Somali, Kenya, Malawi dan Indonesia. Kenya merupakan tempat terlama beliau bersama MSF untuk melaksanakan misi dan aksi kemanusiaan.

Zuhdiyah Nihayati

Zuhdiyah Nihayati

Dr. Zuhdiyah Nihayati Dokter Umum Rumah Sakit Muhammadiya Lamongan

Summary :

Satu Dasawarsa bergabung bersama Muhammadiyah, memiliki minat pada bidang Emergency Medicine, melakukan misi kemanusiaan pada wilayah bencana dan konflik kemanusian antara lain : Indonesia dan Bangladesh, selain dokter beliau juga melakukan pengelolaan literasi tentang kesehatan dan kebencanaan yang dituangkan dalam bentuk jurnal dan buku panduan.

Arif Riyanto Budi Nugroho

Arif Riyanto Budi Nugroho

Arif Riyanto Budi Nugroho Wakil ketua Bidang penangulangan Bencana PMI DIY

Summary :

memiliki keahlian pada bidang pengenalan bentang alam dan penginderaan jauh, saat ini sedang menyelesaikan studi doktoral Teknik Geologi di universitas Padjajdaran Bandung

Ahmad Muttaqiem Alim

Ahmad Muttaqiem Alim

Dr. Ahmad Muttaqiem Alim. Sp An, Dosen UAD sekaligus Koordinator Training MDMC

Summary :

lebih dari 1,5 Windu Bersama MDMC, berawal sebagai relawan pada saat bencana Tsunami di NAD. Memiliki spesialisasi bidang anastesi, selain dokter beliau juga melakukan pengelolaan literasi tentang kesehatan dan kebencanaan yang dituangkan dalam bentuk jurnal dan buku panduan. Ada satu buku yang diterbitkan pada tahun 2007 dan menjadi best seller. Kegiatan lietrasi pengetahuan ini merupakan buah dari serangkaian training sertifikasi bersifat nasional dan internasional.

Danang Samsurizal

Danang Samsurizal

Danang Samsurizal Kepala Seksi Kedaruratan BPBD DIY

Summary : Memiliki keahlian Managerial

adalah suatu kehormatan dapat memandu sesi seminar yang berisikan panelis dengan kompetensi dalam mitigasi bencana.

Team perumus dan pelaksana kegiatan

Team perumus dan pelaksana kegiatan

Tim Perumus dan pelaksana kegiatan yang Tangguh

Sumber : MSF, Kelas Pagi Yogyakarta, Pamit Yang2an dan Foto Arsip Kelas Pagi Yogyakarta

Mungkin Anda juga menyukai

Tinggalkan Balasan

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d blogger menyukai ini: